Ngeri, Orang Ini Terima Paket Kecoa dan Laba-Laba Hidup dari Ecommerce

Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan ecommerce raksasa eBay harus membayar denda US$ 3 juta (Rp 46 miliar) karena kelakuan tak pantas karyawannya. Karyawan eBay diketahui mengirim kecoa dan laba-laba hidup untuk mengancam pasangan yang kritis terhadap layanan eBay.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat menetapkan eBay bersalah atas tindakan menguntit, mengganggu saksi, dan menghambat proses peradilan. Karyawan pelaku penguntitan sudah ditetapkan bersalah dalam proses persidangan yang terpisah.

“EBay terlibat dalam tindakan kriminal yang mengerikan. Karyawan dan kontraktor perusahaan terlibat dalam upaya membuat korbannya melalui situasi seperti neraka untuk membuat mereka bungkam dan demi melindungi brand eBay,” kata Jaksa Negara Bagian Massachusetts, Josh Levy dalam pernyataan resmi yang dikutip oleh CNBC International. 

Korban perilaku horor karyawan eBay adalah David dan Ina Steiner. Pasangan tersebut mengelola sebuah newsletter online yang membahas industri ecommerce. Keduanya juga telah menggugat eBay secara perdata dengan tuduhan penguntitan siber.

Ina Steiner juga menerima pesan Twitter bernada ancaman dan email dari grup aneh, seperti dari Partai Komunis AS dan grup penderita gangguan perut.

Paket mengerikan yang mereka terima antara lan adalah kotak berisi laba-laba dan kecoa hidup, peti mati, topeng wajah babi penuh darah serta buku tentang cara melalui kesedihan kehilangan pasangan. Alamat rumah mereka juga disebar di internet beserta pengumuman acara cuci gudang dan pesta yang mengundang orang tak dikenal.

Tindakan gangguan dari eBay dimulai pada 2019 setelah Ina Steiner menulis artikel tentang gugatan eBay ke Amazon. Setengah jam setelah artikel tersebut dipublikasikan, Devin Wenig, yang saat itu merupakan CEO eBay mengirim pesan ke para pejabat perusahaan soal Steiner.

“Jika kalian ingin mengakhiri dia, kini saatnya.”

Pejabat eBay kemudian meneruskan pesan Wenig ke James Baugh, eks CIA yang saat itu adalah Direktur Keamanan dan Keselamatan eBay beserta kalimat yang menyatakan bahwa Ina Steiner adalah “trol bias yang harus dibakar habis.”

Baugh adalah satu dari tujuh karyawan eBay yang mengaku bersalah dalam kasus Steiner. Ia dihukum 5 tahun penjara pada 2022. David Harville, pejabat eBay lainnya, dihukum 2 tahun penjara. https://lakbanhitam.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*