Nasib Bauran EBT RI, Akhir Tahun 2023 Baru Capai 13,1%

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sampai dengan akhir tahun 2023 baru mencapai 13,1%. Artinya itu masih jauh dari target bauran EBT di tahun 2025 yang mencapai 23%.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan bahwa capaian realisasi bauran EBT mengalami peningkatan hanya saja memang belum signifikan.

“Sehingga ini perlu upaya-upaya keras untuk bisa mendekati target capaian di tahun 2025, kita targetkan 23% bauran tetapi saat ini masih dalam level kurang lebih 13,1%,” ungkap Menteri Arifin dalam Konfrensi Pers Capaian Sektor ESDM tahun 2023 dan Program Kerja Tahun 2024, Senin (15/1/2023).

Sebagai langkah mengejar target itu, Menteri Arifin menyebutkan sudah menyiapkan strategi, yang diantaranya adalah membangun pembangkit EBT yang sudah terencana di dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL). Di mana, target tahun di tahun 2025 sudah harus terpasang 10,6 Giga Watt (GW).

Tak hanya itu, implementasi program PLTS Atap, kata Menteri Arifin, sebenarnya bisa mempercepat namun tentu harus disesuaikan dengan kemampuan masyarakat dan kemampuan PT PLN (Persero).

“Kita juga ada program konversi pembangkit ke EBT dan program mandatori B35 target 2025 sebsar 13,9 juta KL. Kita juga harus menginteskan program co-firing untuk bisa mengurangi emisi dan juga menyediakan akses energi melalui EBT di lokasi-lokasi 3T. eksplorasi panas bumi yang belum mencapai apa yang kita programkan dan manfaatkan EBT offgrid,” ungkap Menteri Arifin.

Adapun juga, pemerintah juga sudah mengimplementasikan PLTS Terapung khusunya di wilayah Cirata, Jawa Barat. Kelak, pemerintah juga akan terus mengembangkan potensi PLTS Terapung untuk menghasilkan energi bersih.

Tercatat, potensi PLTS Terapung di danau itu mencapai 36 lokasi dengan potensi pemanfaatan mencapai 74,6 GW, serta PLTA dan Mikrohidro di 12 lokasi yang bisa mencapai 1,8 GW. https://sayurkana.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*