Jokowi Mau Penerima LPDP Meningkat 5 Kali Lipat

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap penerima beasiswa dana abadi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bisa meningkat hingga lima kali lipat ke depannya.

Jokowi mengetahui jumlah penerima beasiswa LPDP sudah meningkat tujuh kali lipat sejak awal dibuka. Namun, dia menilai kenaikan ini masih belum cukup. Dia mengakui bahwa peningkatan ini memerlukan anggaran besar, tetapi ini adalah kewajiban pemerintah untuk mendorong pendidikan di Tanah Air.

“Saya kira perlu ditingkatkan paling tidak 5 kali dari yang ada sekarang butuh anggaran besar tapi ini jadi kewajiban kita untuk mencarikan jalan agar rasio kita tadi bisa terangkat naik,” papar Jokowi, saat membuka Konvensi XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di Surabaya, Senin (15/1/2024).

Jokowi mengungkapkan selama 15 tahun, yakni 2009-2024, anggaran LPDP telah mencapai Rp 6.400 triliun. Padahal, saat dibuka LPDP hanya bermodalkan Rp 1 triliun. Adapun, pada 2023, dana LPDP yang telah disalurkan mencapai Rp 139 triliun.

LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah dan diberikan khusus kepada mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister (S2) atau doktor (S3). Pada 2024 ini, total kuota beasiswa yang disediakan oleh LPDP mencapai sekitar 10.000 penerima. Dikutip dari LPDP, program beasiswa yang dibuka tahun ini mencakup beasiswa umum, afirmasi, targeted, dan double/joint degree. https://gondrongjabrik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*