iPhone 15 Tak Laku, Apple Banting Harga Gila-Gilaan di China

Jakarta, CNBC Indnesia –¬†Apple makin tertekan menghadapi persaingan di China yang merupakan pasar smartphone terbesar di dunia. Raksasa Cupertino tersebut menghadapi isu bertubi-tubi, mulai dari kabar pemblokiran dari pemerintahan Xi Jinping hingga minat masyarakat China yang tinggi ke brand lokal seperti Huawei.

Laporan Reuters, Senin (15/1/2024) mengatakan Apple mendadak membanting harga untuk seri iPhone 15 teranyar di China. Strategi diskon ini jarang dilakukan, apalagi iPhone 15 relatif baru diluncurkan, yakni pada September 2023 lalu.

Harga ritel seri iPhone 15 terpantau turun hingga 500 yuan atau setara Rp 1,1 jutaan. Apple memangkas harga iPhone teranyarnya rata-rata 5%.

Reuters mengatakan diskon itu digelar secara terbatas untuk menghadapi Tahun Baru Imlek. Masyarakat China diberi kesempatan membeli iPhone 15 dengan harga lebih murah pada periode 18-21 Januari 2024.

Diketahui, penjualan seri iPhone 15 mencatat performa buruk dibandingkan model-model iPhone sebelumnya.

Sementara itu, pemain lokal seperti Huawei dan Xiaomi gencar menawarkan produk dengan inovasi-invovasi terbaru yang menarik bagi masyarakat.

Pada pekan pertama 2024, penjualan iPhone di China turun 30% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menurut laporan analis Jefferies. Analis memprediksi performa itu tak akan membaik sepanjang 2024 ini.

Dilihat dari rekam jejak sebelumnya, Apple tak pernah menggelar diskon untuk seri iPhone baru sejak beberapa tahun belakangan. Diskon kali ini bisa dibilang sebuah kejutan.

Platform ecommerce China seperti Pinduoduo telah memangkas harga iPhone 15 dan iPhone 15 Pro sebesar 16% sejak awal tahun ini. Apple tak segera berkomentar soal strategi diskon yang digelar. https://bermimpilahlagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*