HP & Laptop China Banjiri Pasar RI Selama 2023

Jakarta, CNBC IndonesiaBadan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada sejumlah komoditas yang paling banyak diimpor Indonesia dari China selama 2023. Dua barang utama yang paling banyak diimpor oleh RI dari China adalah barang elektronik yaitu smartphone dan laptop.

“Komoditas yang paling banyak diimpor adalah smartphone,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (15/1/2024).

Pudji mengatakan nilai ekspor smartphone China ke Indonesia mencapai US$ 1,95 miliar. Angka tersebut mencakup 3,14% dari seluruh impor Indonesia dari China selama 2023.

BPS juga mencatat barang kedua yang paling banyak diimpor Indonesia dari Tiongkok adalah laptop. Nilai impor komputer jinjing ini mencapai 1,64% dari total nilai impor China ke Indonesia.

Barang lainnya yang mendominasi impor dari negeri tirai bambu tersebut adalah mechanical shovels dengan kontribusi 1,36% dari total impor; dan bawang putih dan lainnya 1,04%.

BPS juga mencatat selama 2023 China masih menjadi negara yang paling banyak mengimpor barang ke Indonesia. Nilai impor Indonesia dari China mencapai US$ 62,18; dan total share impor mencapai 28,02%. https://berdasarkanapa.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*