Ada ETF Bitcoin, Apa Ini Saatnya Memasukkan BTC ke Portofolio?

Jakarta, CNBC Indonesia РTak hanya berisi saham, kini sudah ada exchange traded fund (ETF) yang berisi aset kripto Bitcoin (BTC). Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) sudah menyetujui perdagangan ETF Bitcoin tiga hari yang lalu.

Tentu saja, dengan adanya ETF Bitcoin maka hal ini berdampak baik pada pergerakan harga aset kripto ini di pasaran. Saat ini, sudah ada 11 produk ETF BTC yang ada di pasaran, yaitu Blackrock’s iShares Bitcoin Trust (IBIT), ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB), WisdomTree Bitcoin Fund (BTCW), Invesco Galaxy Bitcoin ETF (BTCO), Bitwise Bitcoin ETF (BITB), VanEck Bitcoin Trust (HODL), Franklin Bitcoin ETF (EZBC), Fidelity Wise Origin Bitcoin Trust (FBTC), Valkyrie Bitcoin Fund (BRRR), Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), dan Hashdex Bitcoin ETF (DEFI).

Hadirnya ETF Bitcoin tentu menunjukkan bahwa aset digital yang satu ini telah diperhitungkan sebagai kelas aset dalam investasi. Di samping itu, fund manager yang menerbitkan ETF juga bisa meningkatkan likuiditas terhadap perdagangan aset ini.

Bukan cuma itu, hal ini juga akan memudahkan para investor yang kurang berpengalaman dalam kripto untuk bisa memiliki aset ini dengan sangat mudah.

Dengan adanya kabar ini, lalu cuitan-cuitan para pakar keuangan seperti Robert Kiyosaki yang terus menerus mempromosikan Bitcoin, apakah ini menjadi sinyal untuk memasukkan aset yang satu ini ke portofolio Anda? Berikut paparannya.

Kembali lagi ke profil risiko

Meski terkenal dengan tingkat pengembalian yang cukup besar, tidak semua orang cocok dengan investasi kripto.

Jam perdagangan kripto lebih panjang dari saham, dan instrumen yang satu ini memiliki volatilitas tinggi serta tidak bisa memberikan imbal hasil tetap. Secara tidak langsung, investor pemula tidak terlalu disarankan untuk terjun ke instrumen ini tanpa memahami cara kerjanya terlebih dulu.

Bagi pemula, ada baiknya untuk mencoba instrumen investasi dengan risiko rendah terlebih dulu sembari mempelajari instrumen lain di risiko yang lebih tinggi dan memiliki tingkat pengembalian yang lebih baik.

Seiring dengan berjalannya waktu, saat pengetahuan Anda berkembang maka besar kemungkinan profil risiko pun juga berubah. Anda pun bisa menggunakan uang dingin untuk berinvestasi di aset berisiko tinggi ini. https://lokeberhasilan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*