5 Alasan Traveling Bikin Sehat dan Bagus Buat Otak

Jakarta, CNBC Indonesia – Berlibur atau traveling adalah salah satu cara bagian sebagian besar orang untuk melepas penat dan stres dari aktivitas sehari-hari. Ternyata, traveling bukanlah pilihan buruk karena terbukti bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Meskipun berpotensi menguras isi dompet, hingga kini masih banyak orang yang tidak masalah untuk merogoh kocek lebih dalam demi rehat sejenak dari aktivitas padat dan menyegarkan kembali pikiran. Terlebih, manfaat baik liburan bagi kesehatan sudah menjadi rahasia umum bagi masyarakat.

Lantas, apa saja alasan berlibur baik untuk kesehatan fisik dan mental? Berikut ulasannya, melansir dari The South African.

1. Mengurangi Stres

Biasanya, orang berlibur ke tempat yang tidak biasa dan memiliki suasana yang berbeda dari tempat beraktivitas sehari-hari. Melihat pemandangan baru dan istirahat dari rutinitas yang padat terbukti mampu mengurangi tingkat stres secara signifikan.

Selain itu, “paparan” terhadap lingkungan dan aktivitas baru dapat membantu menurunkan kadar kortisol, yakni jenis hormon steroid yang memengaruhi bagaimana tubuh merespons stres; meningkatkan relaksasi; dan meningkatkan kesejahteraan diri.

“Beristirahat dari penyebab stres sehari-hari dapat berkontribusi pada kesehatan mental yang lebih baik,” tulis laporan The South African, dikutip Senin (15/1/2024).

2. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Traveling yang melibatkan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, hiking, berenang, atau menjelajahi destinasi baru dengan berjalan kaki tidak hanya membantu menjaga atau meningkatkan kebugaran fisik, tetapi juga melepaskan endorfin, yakni zat kimia yang diproduksi oleh tubuh untuk menghilangkan stres dan rasa sakit.

3. Merangsang Otak

Mengenal budaya, masakan, dan bahasa baru saat traveling bermanfaat untuk merangsang fungsi otak. Melalui hal-hal baru tersebut, otak Anda akan “tertantang” untuk memproses perspektif, cara hidup, dan solusi memecahkan masalah yang baru.

Stimulasi kognitif saat berlibur sangat penting untuk menjaga kesehatan otak dan diklaim dapat menurunkan risiko penurunan kemampuan kognitif.

4. Memperkuat Ikatan Sosial

Bepergian bersama teman, keluarga, atau bertemu dengan orang baru selama perjalanan dipercaya dapat memperkuat ikatan sosial.

Memiliki hubungan sosial yang positif dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik dan risiko penyakit kronis yang lebih rendah. Terlebih, perjalanan bersama orang lain sering kali menciptakan kenangan abadi dan menumbuhkan rasa persahabatan.

5. Meningkatkan Kreativitas

Paparan terhadap lingkungan dan budaya yang beragam saat traveling dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Sebab, “paparan” tersebut diklaim dapat membuka pikiran seseorang terhadap ide dan perspektif baru, menantang asumsi pribadi, dan memperluas pandangan dunia Anda.

Selain itu, fleksibilitas mental yang diperoleh melalui traveling disebut berdampak positif terhadap keterampilan pemecahan masalah dan kreativitas seseorang dalam berbagai aspek kehidupan. https://perjuangangila.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*